Bagikan Artikel ini
SobatASK - Yayasan Gemilang Sehat Indonesia

Kamu Gak Sendirian!

4 Tips Menahan Nafsu di Bulan Puasa

Sepanjang bulan Ramadhan ini, ujian paling berat yang dihadapi sama temen-temen yang puasa (selain gak boleh makan minum, tentunya) adalah harus nahan hawa nafsu. Beuh! Gak boleh marah, gak boleh emosian, gak boleh dendam, dan yang gak kalah susah: harus nahan nafsu seksual!

Sobat ASK punya beberapa tips nih, buat kamu-kamu yang susah nahan hawa nafsu saat bulan puasa.

 

1. Cari Bacaan dan Tontonan Sebanyak-banyaknya

Ini satu tips yang paling berhasil buat kami. Soalnya, pikiran kamu gak bakal lowong dan menjurus ke hal-hal yang bisa bikin batal puasa. Punya hawa nafsu itu normal dan sah-sah aja, cuma gak lucu kan kalau setiap saat dan setiap waktu kamu mikirinnya itu aja. Jadi, kalau kamu cari bacaan, tontonan, atau dengar musik yang bisa mengalihkan pikiranmu, kamu bakal kebantu banget. Sekalian nambah wawasan, kan.

Eh, tapi tips ini gak berlaku kalau kamu nontonnya film porno, loh.

 

2. Perhatikan Arah Tatapan Matamu

Penulis dan penyair asal Perancis, Antoine de Saint-Exupery, pernah berkata: “Cinta bukan soal menatap mata satu sama lain, tapi menatap jauh ke arah yang sama, bersama-sama.”

Ceilah! Tapi emang, ke mana kamu mengarahkan tatapan matamu juga bisa berpengaruh sama apa yang kamu pikirin. Mungkin kamu kudu latihan ganti arah. Kalau kamu lagi ngobrol sama si doi, gebetan, atau temanmu, coba fokusin tatapan matamu ke matanya dia juga, atau malah ikuti saran Antoine dan menataplah ke kejauhan bersama-sama (biar romantis). Jangan malah menatap ke tempat-tempat yang bikin…

 

3. Cari Kegiatan Lain yang Seru

Ini berlaku buat kapan aja, tapi terutama pada bulan Ramadhan! Ada cara-cara kreatif untuk ngajak si dia jalan di bulan Ramadhan tanpa harus melakukan hal-hal yang bakal bikin kamu susah mengendalikan hawa nafsu. Sobat ASK sendiri paling senang kencan sambil jalan-jalan ke taman, ngobrol ngalor-ngidul di teras, atau sambil ke konser, galeri, museum, dan acara-acara seru lainnya.

 

4. Dan Ingatlah, Wahai Manusia…

…bahwasanya Lebaran hampir tiba. Cuma bukan berarti setelah Lebaran, ‘setannya’ boleh dilepas lagi begitu saja. Banyak hal lain, kok, yang bisa kamu lakukan bareng si doi, juga bareng temen-temenmu.

Cuma kalau emang kamu sudah memutuskan untuk ‘melepas’ hawa nafsu kamu, ingat dua hal: pertama, gunakan selalu pengaman dan pastiin kalian sama-sama siap dan harus berdasarkan persetujuan. Tidak boleh ada paksaan. Kedua, kalau kamu kenapa-napa atau bingung mau nanya ini-itu, selalu ada konselor sebaya dan klinik terjangkau yang disediakan oleh Sobat ASK, kok 馃檪

Ingin Mendapatkan Kabar Terbaru dari Kami?

Berlangganan Nawala Yayasan Gemilang Sehat Indonesia

Logo Yayasan Gemilang Sehat Indonesia - Full White

Yayasan Gemilang Sehat Indonesia (YGSI) merupakan lembaga non-profit atau NGO yang bekerja di Indonesia sejak 1997 untuk isu Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR), serta pencegahan Kekerasan Berbasis Gender dan Seksual (KBGS). Kami percaya bahwa seksualitas dan kesehatan reproduksi manusia harus dilihat secara positif tanpa menghakimi dan bebas dari kekerasan.

漏 2024 YGSI聽 | Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi

Keranjang
  • Tidak ada produk di keranjang.