Bagikan Artikel ini
SobatASK - Yayasan Gemilang Sehat Indonesia

Kamu Gak Sendirian!

Nggak Sengaja Keluar di Dalam: 5 Tips Mengatasi Hubungan Seksual Tanpa Pengaman

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”DENGAR”]
Kamu baru hubungan seksual tanpa menggunakan kontrasepsi dan kamu takut hamil. Waduh! Terus, harus gimana dong? Nih, Sobat ASK punya beberapa tips buat kamu yang nggak sengaja “kecelakaan”.

 

1. Jangan Disemprot Pakai Air!

Satu metode darurat yang sering dilakukan perempuan adalah douching聽atau memasukkan air atau cairan lainnya ke dalam vagina. Douching tidak akan mengurangi聽risiko kehamilan, tapi malah bisa bikin selangkangan kamu infeksi! Loh, kok bisa? Ternyata, douching mengganggu keseimbangan jumlah bakteri di alat reproduksi dan itu bisa berujung pada infeksi dan penyakit lainnya.

 

2. Pakai Kondar

Kamu bisa mampir ke klinik atau apotik di sekitarmu dan membeli pil kontrasepsi darurat atau biasa disingkat kondar. Nama generik pil ini adalah postinor.聽Pil kondar bekerja dengan menunda lepasnya telur dari ovarium perempuan. Karena tidak ada telur yang bisa dibuahi oleh sperma, kehamilan (harusnya) dicegah.

 

3. Semakin Cepat Semakin Baik

Semakin cepat kamu meminum pil kondar setelah berhubungan seks, semakin baik. Pil jenis levonogestrel, misalnya, efektif mencegah kehamilan sebanyak 89% jika diminum paling lambat tiga聽hari setelah hubungan seks tanpa kontrasepsi.

 

4. Perhatikan Kapan Kamu Terakhir Berhubungan Seks

Kedua jenis kontrasepsi darurat itu bisa digunakan dalam jangka waktu 120 jam (5 hari) setelah kamu melakukan hubungan seks tanpa kontrasepsi.

 

5. Kalau Mau Aman, ke Klinik Aja

Ini satu catatan yang penting. Kalau kamu masih bingung mau beli obat yang mana, belinya di mana, dan harganya berapa, mending kamu langsung hubungin klinik ramah remaja di sekitarmu untuk nanya-nanya. Nggak usah malu-malu, ya 馃檪

 

 

Sumber foto:聽desktopaper.com

Ingin Mendapatkan Kabar Terbaru dari Kami?

Berlangganan Nawala Yayasan Gemilang Sehat Indonesia

Artikel SobatASK Lainnya

Jelajahi berbagai informasi seputar kesehatan seksual dan reproduksi remaja dari sumber yang terpercaya.

Kamu Gak Sendirian!
Logo Yayasan Gemilang Sehat Indonesia - Full White

Yayasan Gemilang Sehat Indonesia (YGSI) merupakan lembaga non-profit atau NGO yang bekerja di Indonesia sejak 1997 untuk isu Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR), serta pencegahan Kekerasan Berbasis Gender dan Seksual (KBGS). Kami percaya bahwa seksualitas dan kesehatan reproduksi manusia harus dilihat secara positif tanpa menghakimi dan bebas dari kekerasan.

漏 2024 YGSI聽 | Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi

Keranjang
  • Tidak ada produk di keranjang.