Bagikan Artikel ini
SobatASK - Yayasan Gemilang Sehat Indonesia

Kamu Gak Sendirian!

5 Mitos tentang Masturbasi

Ssst, Sobat ASK pengen ngajak kamu ngobrol soal satu topik yang biasanya dianggap tabu oleh banyak orang, yakni masturbasi atau sering juga disebut onani. Cewek dan cowok sama-sama melakukan hal ini, tapi nggak banyak yang membicarakannya di depan umum. Walhasil, kamu mungkin denger beberapa mitos yang salah soal masturbasi.

Daripada bingung, yuk simak 5 mitos soal masturbasi !

 

1. “Masturbasi Menyebabkan Gangguan Jiwa”

Ini satu mitos yang cukup sering kami dengar. Masturbasi, katanya, bisa bikin kamu merasa gelisah, stres, dan bahkan membuat kamu depresi. Padahal, penyebab rasa gelisah itu adalah rasa bersalahmu karena sudah masturbasi, bukan karena masturbasimu itu sendiri.

Masturbasi emang dianggap perbuatan yang terlarang dan tabu di masyarakat, makanya kamu merasa bersalah telah melakukan itu. Padahal kalau dipandang dari segi psikologis dan seksualitas, sebenarnya gak ada salahnya masturbasi. Itu perilaku seksual yang normal.

Omong-omong soal itu…

 

2. “Masturbasi itu Perilaku Seks yang Menyimpang”

Justru sebaliknya. Masturbasi adalah salah satu perilaku seks pertama dan paling alamiah dalam perkembangan manusia. Masturbasi adalah salah satu cara pertama seorang anak menemukan dan memahami konsep kenikmatan seksual.

 

3. “Masturbasi Bisa Bikin Kamu Mandul”

Masa? Penis seorang laki-laki yang sehat akan terus memproduksi sperma. Kamu gak akan kehabisan sperma karena kebanyakan masturbasi dan jelas jumlah sperma kamu gak akan berkurang hanya karena kamu masturbasi. Gak ada kuota ejakulasi atau orgasme bagi semua orang.

 

4. “Masturbasi Bikin Kamu Disfungsi Ereksi”

Ada yang bilang bahwa kalau penyebab utama disfungsi ereksi adalah masturbasi. Kenyataannya gak segampang itu. Baik perempuan maupun laki-laki yang sering masturbasi akan terbiasa pada rangsangan tertentu. Dan mereka akan lebih “on”聽kalau mendapat rangsangan yang mirip dengan kebiasaan mereka.

Gampangnya, kamu itu gak disfungsi ereksi. Cuma, yang bikin kamu nafsu udah beda.

 

5. “Masturbasi itu Gak Ada Manfaatnya”

Gak juga. Menurut riset, masturbasi memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti tidur yang lebih nyenyak, berkurangnya stres dan sakit kepala, konsentrasi yang membaik, serta kebugaran yang lebih baik.

 

Tapi…

Masturbasi, seperti kegiatan apapun, gak boleh dilakukan secara berlebihan. Kadang, emang keinginan untuk masturbasi bisa menghalangi kegiatan sehari-hari. Walau emang, ini jarang terjadi juga sih.

Kalau selangkangan kamu sudah mulai sakit karena keseringan masturbasi, atau kamu mikirin itu melulu, solusinya gampang: ngobrol aja sama klinik atau konselor sebaya di sekitarmu. Colek kami di @SobatASK atau buka website kami! 馃檪

 

 

 

Disadur dari:

http://www.everydayhealth.com/erectile-dysfunction/the-truth-about-masturbation-myths.aspx
https://www.psychologytoday.com/blog/all-about-sex/201309/7-myths-about-masturbation-and-the-truth-about-solo-sex
http://www.medicaldaily.com/masturbation-myths-debunked-why-do-we-masturbate-and-what-are-pros-and-cons-293730

 

Sumber foto:聽refinery29.com

Ingin Mendapatkan Kabar Terbaru dari Kami?

Berlangganan Nawala Yayasan Gemilang Sehat Indonesia

Artikel SobatASK Lainnya

Jelajahi berbagai informasi seputar kesehatan seksual dan reproduksi remaja dari sumber yang terpercaya.

Kamu Gak Sendirian!
Logo Yayasan Gemilang Sehat Indonesia - Full White

Yayasan Gemilang Sehat Indonesia (YGSI) merupakan lembaga non-profit atau NGO yang bekerja di Indonesia sejak 1997 untuk isu Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR), serta pencegahan Kekerasan Berbasis Gender dan Seksual (KBGS). Kami percaya bahwa seksualitas dan kesehatan reproduksi manusia harus dilihat secara positif tanpa menghakimi dan bebas dari kekerasan.

漏 2024 YGSI聽 | Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi

Keranjang
  • Tidak ada produk di keranjang.