Explore4Action merupakan sebuah program penelitian 4 tahun untuk mengetahui pengalaman tumbuh kembang remaja 12-24 tahun terutama terkait kesehatan seksual dan reproduksi mereka, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengalaman ini secara positif maupun negatif. Program ini juga menggali dampak dari pendidikan seksualitas komprehensif yang difasilitasi oleh Rutgers WPF, yaitu SETARA (Semangat Dunia Remaja) bagi mereka. Data dikumpulkan di tiga lokasi di seluruh Indonesia: Semarang, Bandar Lampung dan Denpasar. Penelitian ini didukung pula oleh jalur advokasi di tingkat lokal dan nasional yang bertujuan untuk memajukan pendidikan dan layanan kesehatan bagi kaum muda di seluruh Indonesia.

Explore4Action - Rutgers Indonesia

Tiga jalur penelitian yang dilakukan Explore4Action

Menempatkan orang muda di garis depan penelitian kami

Dalam Explore4Action, orang muda memainkan peran sentral dalam advokasi dan penelitian. Mereka dilatih dan dilibatkan sebagai peneliti muda dalam ketiga jalur penelitian untuk mengurangi kesenjangan antara responden dan peneliti. Selain itu, mereka juga terlibat dalam dialog dengan para pemangku kepentingan utama, yang berfungsi untuk meningkatkan kapasitas dan juga memperkuat prospek karier awal mereka.

FGD Explore4Action - Rutgers Indonesia

Wilayah kerja

explore4action wilayah kerja

Explore4Action adalah inisiatif bersama dari

Rutgers WPF Indonesia, Pusat Kesehatan Reproduksi UGM Yogyakarta (Indonesia), Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), John Hopkins University (Amerika Serikat), Karolinska Institutet (Swedia).

Program Explore4Action didukung oleh

Bill & Melinda Gates Foundation

Laporan Penelitian Explore4Action

Youth Voices Research I – Pengalaman Gender dan Seksualitas Kaum Muda di Indonesia (IND)

Youth Voices Research I – Young Indonesians Experiences of Gender and Sexuality (ENG)

Youth Voices Research II – Eksplorasi kualitatif berdasarkan hasil Global Early Adolescent Study (IND)

Youth Voices Research II – A qualitative exploration of results from the Global Early Adolescent Study (ENG)